Ade Makmur : Sosok yang Tenang tapi begitu Menakjubkan Part 1

Seseorang yang sangat menginspirasi bagi siapapun yang sedang belajar di FISIP UNPAD

Sudah lama sebenarnya saya ingin menuliskan kekaguman saya pada hamba Allah yang begitu luar biasa ini. Sederhana, sangat cerdas, kalem, tawadhu, taat, rajin, sangat bertanggunjawab. Iyah itulah sedikit ciri-ciri yang melekat pada beliau. Ade Makmur nama lengkap beliau. Tokoh inspirasi saya selama belajar organisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.

Saya lupa kapan tepatnya saya pertama kali kenal beliau. Cuman memang pada awalnya saya dikenalkan oleh senior saya di BEM yang juga menjadi salah satu tokoh idola saya. Beliau adalah Kang Rahmat. Seringkali beliau menceritakan begitu hebatnya sosok yang bernama Ade Makmur tersebut. Sebagai orang yang sedang belajar menjacari tau tentu keinginan untuk bisa bertatap muka langsung dengan sosok yang begitu luar biasa tersebut membuncah dalam hati ini.

Senyum manis dan tulus beliau adalah hal pertama yang saya rasakan saat pertama kali bertemu beliau. Sebagai anak baru yang sedikit sekali paham akan pengalaman bertemu dengan orang hebat membuatku gemetaran pertama kali berjumpa dengan beliau. Tapi kesan hospitallity yang beliau tampilkan membuat saya bisa cepat beradaptasi dengan keadaan. Nampak begitu jelas kejeniusan dari muka beliau namun jauh dari kesan sombong dan angkuh. Tentu beda seperti profesor-profesor pada umumnya yang lebih sering menampilkan wajah bengis dari pada senyumnya,hhe.

Keadaan dan amanah di organisasi membuat saya semakin sering berhubungan dengan beliau. Salah satu hal yang paling saya kagumi dari beliau adalah komitmen beliau terhadap amanah yang diemban oleh beliau. Tak perduli apapun itu, jika ada amanah beliau dengan penuh tanggungjawab menjalankan amanah tersebut. Pada saat saya kenal dengan beliau, beliau mendapat amanah dari kampus menjadi PD 1 yang membidangi akademik.

Salah satu peristiwa yang membuat saya semakin kagum adalah ketepatan waktu beliau dalam bertugas. Sungguh baru kali ini saya menemukan pejabat kampus yang sangat komitmen dengan waktu, termasuk waktu kerja pribadi beliau. Tidak sulit jika ingin menemui beliau karena setiap pukul 07.30 beliau sudah ada di kampus padahal jarak kampus dengan rumah beliau cukup jauh. Selain itu kesederhanaan beliau tidak kalah menakjubkan. Seringkali dulu sebelum mendapat kendaraan dinas, Pak Ade menumpang Pak Nanang naik pick up ke kampus. Sungguh pemandangan luar biasa bagi seorang jenius lulusan universitas luar negeri.

Beliau selalu bilang “untuk kemajuan akademik apapun yang bisa saya lakukan saya akan bantu.” Pengalaman berharga yang juga tidak akan pernah saya lupakan adalah pernah suatu saat saya bersama teman-teman satu organisasi menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah tingkat sma nasional. Seperti biasa masalah klasik selalu mengikuti, masalah kekurangan uang,hhe. Tapi taukah kawan? Saat saya pertama kali mempresentasikan kegiatan tersebut ke beliau dengan tanpa banyak berpikir beliau mengiyakan dan membantu atas nama pribadi semampu yang beliau punya. Tidak banyak pikir beberapa hari kemudian saya mendapatkan bantuan satu juta dari gaji pribadi beliau. Memang tidak sebesar kebutuhan yang harus dipenuhi oleh organisasi tapi melihat kedermawanan beliau sebagai seorang pejabat kampus sudah semestinya kita bersyukur masih ada orang seperti beliau. Yang penuh dengan dedikasi tanpa pamrih, tak mengharapkan sedikitpun kekuasaan dari apa yang telah beliau berikan. Sangat beda dengan cerminan pejabat-pejabat yang seringkali muncul di tv saat ini.

Masih banyak hal yang ingin saya ceritakan dari beliau, insya Allah jika ada waktu saya akan menceritakan kehidupan beliau dibagian selanjutnya. Doa saya untuk beliau semoga Allah senantiasa melindungi beliu beserta keluarga, memberikan keistiqomahan pada beliau. Ya Allah saya sungguh sayang dengan beliau...

Dari pengaggummu...

Komentar

  1. waaah itu dosen saya ituuu :D hehehe emang hebat banget beliau, banyak pengalaman. seru kalo diajar beliau :)

    BalasHapus
  2. yaya.. sya juga kagum banget sama beliau :)

    BalasHapus
  3. Aku beruntung jadi anak walinya :”)

    BalasHapus
  4. beruntung saya sedang merasakan diajar oleh beliau. sayangnya beliau akan pensiun 3 tahun lagi :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dari “Ketidakbisingan” Yogyakarta

UN Berbasis Minat dan Bakat, Kenapa Tidak?

Imajinasi Percakapan Ayah dan Anak